Resources

Spotlight Mitra: Wawancara dengan Louis Biswane dari Organisasi Masyarakat Kalin’a dan Lokono di Marowijne (Klim), Suriname

Dalam edisi Spotlight Mitra ini kami mewawancarai Louis Biswane dari Organisasi Masyarakat Kalin’a dan Lokono di Marowijne (Klim) di Suriname. Louis baru-baru ini ikut serta dalam Program Fellowship  Adat (Indigenous Fellowship Programme/IFP) dari Kantor KomisarisTinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR) di Jenewa mulai 17 Juni hingga 12 Juli, mewakili Klim. Dalam wawancara ini, Louis berbicara tentang pengalamannya di Jenewa: apa yang dia pelajari, dan bagaimana keahlian dan pengetahuan yang dia peroleh akan mendukung kerja Klim. 

Berbagi pengetahuan: organisasi adat dari Suriname dan Guyana tukar menukar pengalaman dalam pemetaan sumber daya komunitas dan perencanaan pengelolaan wilayah

Sebuah pertukaran kunjungan baru-baru ini antara mitra Forest Peoples Programme dari Suriname dan Guyana menunjukkan nilai dan manfaat yang luar biasa dari pembelajaran antar masyarakat. Di bulan Maret 2013 sebuah delegasi beranggotakan enam anggota organisasi masyarakat Kalin’a and Lokono di Marowijne (KLIM) dari Suriname mengunjungi kawasan tengah selatan dan ujung selatan Guyana untuk mengunjungi masyarakat Wapichan dan Makushi (yang tergabung dalam SCPDA - the South Central Peoples Development Association atau Asosiasi Pengembangan Masyarakat Kawasan Tengah Selatan) untuk bertukar pengalaman dan pendekatan terkait pemetaan sumber daya masyarakat dan perencanaan pengelolaan wilayah. Ini merupakan sesuatu yang sudah sejak lama diharapkan oleh KLIM dan SCPDA dan berhasil diwujudkan melalui sebuah hibah dari Siemenpuu Foundation. 

Pengajuan terbaru untuk Konvensi Keanekaragaman Hayati

Pada April 2013 FPP dan Natural Justice membuat sebuah usulan bersama kepada Sekretariat Konvensi Keanekaragaman Hayati (CBD) dalam menanggapi sebuah permintaan untuk berperan serta dari para Pihak dan stakeholder tentang program kerja CBD yang berhubungan dengan pengetahuan tradisional tentang keanekaragaman hayati (Pasal 8j).