Resources

Macan ini tidak suka kelapa sawit

Perkebunan monokultur kelapa sawit terus meluas di pegunungan “Montes de María” di Kolombia, menimbulkan protes di kalangan masyarakat yang kehilangan tanah

Venezuela: kebijakan pertambangan mengancam tanah adat

Venezuela banyak menjadi sorotan berita internasional dalam laporan-laporan tentang krisis ekonomi negara tersebut dan meningkatnya tindakan represif yang diambil oleh sang Presiden, Nicolas Maduro, untuk terus memegang kekuasaan meskipun kubu oposisi telah memenangkan mayoritas di Kongres. Sisi lain dari realita-realita ini mendapatkan perhatian yang sama besar.

Perusahaan minyak sawit Melka di Peru mundur dari RSPO dan dikenai denda

Sejak tahun 2014, masyarakat adat Shipibo dari Santa Clara de Uchunya dengan dukungan FECONAU (Federasi masyarakat asli Ucayali) telah menentang operasi perusahaan kelapa sawit Plantaciones de Pucallpa SAC (PdP), yang telah menghancurkan lebih dari 5.000 hektar hutan adat di wilayah Ucayali, Peru. Baru-baru ini perjuangan masyarakat telah mulai membuahkan beberapa kemenangan penting.

Situasi masyarakat adat di Paraguay: Tanah mereka dan Undang-Undang yang Akan Melindungi Mereka

Pada tanggal 12 November 2015, Forest Peoples Programme (FPP) dan mitranya di Paraguay, yaitu Federación por la Autodeterminación de los Pueblos Indígenas (FAPI) merilis satu set laporan pendamping yang menggambarkan situasi saat ini dari masyarakat adat, serta tanah, sumberdaya, dan wilayah mereka di Paraguay, bersama dengan kerangka hukum nasional yang ditujukan untuk menghormati, mempromosikan dan melindungi hak-hak mereka. Banyak yang berpendapat bahwa "perampasan tanah" yang besar yang terjadi akhir-akhir ini sehubungan dengan tanah, sumberdaya dan wilayah adat tidak akan datang dari proyek-proyek infrastruktur besar, tapi dari inisiatif konservasi dan perlindungan sumberdaya.