Recursos

Mengamankan Hutan, Mengamankan Hak: Laporan Lokakarya Internasional tentang Deforestasi dan Hak-Hak Masyarakat Hutan Diselenggarakan di Palangka Raya, Indonesia, Maret 2014

Pada tahun 2012 dunia kehilangan lebih dari 20 juta hektar hutan. Kehilangan luasan hutan ini menambah ancaman yang dihadapi oleh ratusan juta masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada hutan tropis, termasuk setidaknya 350 juta masyarakat adat yang menghuni, memanfaatkan, memiliki hak adat atas hutan, dan mengandalkan hutan untuk identitas dan kelangsungan hidup mereka sebagai kelompok komunitas yang unik.

Kesaksian masyarakat menunjukkan cara untuk melindungi hak dan hutan

Mengatasi deforestasi dan tindakan mitigasi iklim lainnya akan menjadi salah satu butir penting dalam agenda Konferensi Para Pihak Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim mendatang pada bulan Desember di Lima, Peru (COP20). Hal ini telah dibuktikan di masa lalu dengan negosiasi yang intens tentang REDD+ dan yang lebih baru dengan peluncuran Deklarasi NewYork tentang Hutan, yang ditandatangani oleh pemerintah, perusahaan dan NGO dalam acara KTT Iklim PBB yang diselenggarakan di New York di bulan September.